Cara Belajar Hacker!

Dasar menjadi seorang hacker


Sama seperti bidang keilmuan lainnya, belajar menjadi hacker pun memiliki dasar-dasarnya sendiri. Terutama Anda harus belajar mengenai IT lebih dalam. Tidak perlu khawatir, sebab ilmu IT bisa dipelajari sendiri meskipun tanpa gelar resmi di universitas maupun SMK IT. Lalu, apakah hal-hal dasar yang harus dipelajari ketika ingin menjadi hacker, terlebih Anda seorang pemula.

1. Bahasa pemrograman


Penggiat IT pastinya tidak asing dengan yang namanya bahasa pemrograman. Bisa dibilang, apabila Anda menguasai jenis bahasa ini, maka untuk menciptakan aplikasi, website, game, dan hal-hal yang berhubungan dengan aplikasi komputerbukan lagi mimpi semata. Bahasa pemrograman adalah pondasi utama Anda mengerti kode-kode rumit yang ada pada tiap software komputer. Biasanya, beberapa bahasa pemrograman yang paling sering digunakan para hacker adalah PHP, tidak lupa pelajari juga HTML dan javascript. Apabila Anda ingin mempelajari yang lain seperti java, C++ dan lain-lain, maka jelas akan semakin membantu dan meningkatkan kemampuan programing Anda.

2. Software pendukung


Bukan hanya belajar pemrograman, menjadi hacker juga perlu tahu software apa yang harus digunakan dalam beraksi. Terutama software peretas dan pelindung. Perlu diingat, ketika Anda meretas jaringan internet seseorang, maka kemungkinan Anda sendiri ketahuan juga sangat tinggi, karena itulah perlu melindungi jaringan komputer milik sendiri dengan software tertentu. Anda juga harus memahami seluk beluk software komputer. Beberapa OS komputer terkenal seperti Windows, biasanya lebih mudah diretas. Sedangkan OS yang sifatnya open source seperti Linux cenderung lebih aman.

3. Jaringan sistem komputer


Inilah pokok penting yang harus dipahami seorang hacker, yaitu mengerti seluk beluk jaringan pada sistim komputer. Pemahaman jaringan sistim komputer akan membuat Anda mengerti cara melakukan konfigurasi dan pengaturan-pengaturan tertentu. Biasanya yang paling utama perlu dipelajari adalah protokol jaringan IP/TCP, kemudian baru ke yang lain-lain seperti FTPs maupun HTTPs, dan masih banyak lagi.

4. Hardware pada komputer


Sebenarnya hal ini bisa dipelajari maupun tidak. Pada dasarnya hacker memang lebih mendalami tiga hal sebelumnya, tetapi tidak ada salahnya mengenal hardware komputer Anda sendiri. Supaya jika ada kerusakan tertentu, Anda dapat menanganinya sendiri. Sebab, tidak jarang beberapa hacker pun bisa menyerang sampai ke hardware.

Komentar

Postingan Populer